Mr. X : Mas ijeh buka bengkel e ?
ane : Owh udah tutup mas (waktu pukul 16.20)
Mr. X : Waduh iso tulung di cek sepedah ku mas muni kasar e, ketok e opo ne yo ?
ane : Dengan sedikit terpaksa ane iya in permintaan rider ini, dengan modal obeng minus panjang ane stetoskop bagian head mesin vixion tersebut, setelah mendiagnosis ane bilang langsung ke empu nya . "stelan klep dan kamprat nya kendor mas"
Mr. X : trus bagaimana iso di benerke gak mas ?
Singkat cerita si vixion di tinggal dan si empu minta jemput sama temen nya, kemudian esok hari nya test ride dilakukan untuk mengetahui kondisi mesin serta kerusakan lain nya yang mungkin terjadi, dan benar saja tenaga dari si vixion ini sudah hilang dan suara sangat kasar dari bagian mesin.
Penampakan (kondisi udh ane bongkar) :
Selanjutnya eksekusi di lakukan dengan pertama kali stel celah katup vixion
Step 1 stel celak klep :
1. Kuras habis coolant
2. Siapkan feeler gauge kunci klep, ring 8, obeng +,- dan T8
3. Bongkar body dan sayap kanan kiri.
4. Buka 5 baut tutup head dengan T8
5. Periksa kerenggangan celah klep vixion, karena disini udh melebihi spek maka ane stel dengan ukuran IN = 0.10mm EX = 0.20mm (kondisi dingin) sesuai spesifikasi buku manual vixion
6. Periksa tensioner vixion, test dengan cara memutar stelan menggunakan obeng - berlawanan jarum jam sampai mentok, lepas kan perlahan (otomatis akan kembali) apabila putaran kembali nya halus maka msh bagus, bila kasar/bahkan tidak bisa kembali seperti semula secar otomatis maka ganti. Karena semua sparepart vixion old mahal maka ini ada subtitusi tensioner MIO yang bisa di aplikasikan :
2P2-E2210-00 | TENSIONER ASSY, CAM CHAIN | 223,000.00 |
5MX-E2210-10 | TENSIONER ASSY, CAM CHAIN | 78,000.00 |
7. Bongkar tensioner dan cek rantai kamprat. cara mengetahui rantai kamprat rusak adalah apabila lebar mata gear rantai kamprat sudah aus melebihi 1/4 bagian dari lebar mata gear tersebut. Apabila belum 1/4 maka masih bisa di gunakan.
8. Terakhir lidah tensioner, cara mengecek nya yaitu dengan melihat secara visual apakah terdapat retakan atau bahkan patah pada bagian lidah tensioner, apabila hal itu terjadi maka ganti satu set (atas - bawah).
Setelah semua selesai kemudian rakit kembali semua seperti semula. dan starter jrenggg...!! semua kembali normal di coba untuk test ride tenaga lebih mantap dan tidak ada gejala nglitik sama sekali.
Hari menjelang sore sang empu pun datang dan tersenyum lebar si vixion sudah kembali sehat. Tetap semangat dan terus berkarya. Salam Komstir oblakk,,,,!!
comen your join to 988bet.com and 988betlink.com get pize big thank's
BalasHapusSalam Delta box om ... keluhan nya hampir mirip sama Ovi saya om . tapi saking parah nya ane bawa ke bengkel abal abal lalu buka tensioner tanpa di setel dulu posisi Top . All hasil motor pum hidup hanya 2 menit dann ... trookkk Seher + klep di adu ... and then motor pun mati total ... ane bawa ke Beres dan spontan lucu liat jajanan ovi ku om Total nya Hampi 1000 .
BalasHapusOm mau tanyanih motor saya vixion old.kenapa suara mesin saya bunyih ngeletek waktu panas klu mesin nya dingin bunyi ngeletek nya hilang .ngeletek nya pas di hidup pi aja klu sudaj jalan bunyi nya hilang apa penyebab nya mintak masukanya om
BalasHapusMau tanya dong om... Sekilas tentang Vixion 2011 ane ngeletrek parah suaranya dan gak bisa jalan pas masuk gigi ... Posisi mesin nyala ... Kira² apanya ya om ... Mohon penjelasannya ...
BalasHapusMz kalau bunyi nglitiknya kadang bunyi kadang tidak itu apanya
BalasHapusPenyakite vixion sama kabeh.....
BalasHapusOm jin gimana ini