Selamat malam para pembaca setia blog ane dari dunia nyata maupun gaib, yamaha vixion merupakan motor naked sport yang dikeluarkan pabrikan yamaha pertama kali pada tahun 2007, awal keluar motor ini sangat menyedot seluruh perhatian penggemar otomotif di tanah air. Seiring dengan perkembangan dan teknologi yang semakin maju maka yamaha pertama kalinya juga mngeluarkan motor naked sport 150cc dengan sistem injeksi yang pertama kalinya di indonesia.
Yamaha vixion dibekali dengan teknologi forged piston dan diasil cylinder, hal ini tentu menguntungkan karena dapat mengurangi friksi akibat gesekan antara piston dan dinding silinder, namun dibalik kelebihan juga ada kekurangan yaitu boring yamaha vixion ini tidak bisa langsung di kolter layaknya motor pada umumnya.
Belum lama ini ane dapet pelanggan dengan membawa yamaha vixion lansiran 2011 dengan kondisi yang sangat memprihatinkan, kondisi motor tersebut udah mirip mesin diesel DongFeng yang di pake pak tani untuk membajak sawah, yaps betul suara mesin vixion ini sangat kasar dan mengeluarkan asap yang luar binasa dari moncong knalpot. Begitu ane tanya" kenapa hal itu bisa terjadi ternyata dia baru saja Bore Up vixion nya itu menjadi 180cc namun belum lama di pake udah jebol gini. tanpa basa basi ane suruh dia pulang jalan kaki dan motor jelas di opname.
Bongkarrrr.... bongkar..... copot body, radiator, head silinder. semua di bongkar dan demi hasil yang maksimal maka ane turun mesin tu vixion. tanpa lama lama langsung ambrol tuh mesin tinggal tulang belulang gini :
Setelah mesin turun terlihat sekali garapan bengkel sebelumnya sangat memprihatinkan, bisa di bilang sangat jelek dan tidak memperhitungkan aspek aspek dalam bore Up mesin. Yaudahlah ane ga mempermasalhkan itu juga sih, ga penting, lanjut mesin di bersihin dlu di gosok gosok, gak cuman gigi yg di gosok mesin juga perlu gosok mesin. tentunya pakai sikat kawat ya bor!. Kemudian bongkar head dan byuh,, lakher noken as ambyarrrrr,,,, ediaannn! setelah mempertimbangkan dengan pengukuran yg detail sesuai spesifikasi maka di gantilah beberapa part seperti : Noken as, Roller noken, klep in ex, Piston set, dll.
Blok silinder di bubut ulang di tukang bubut, C**ne jogja (bukan tukang bubut terkenal) Hasil bubutannya sengaja tidak ane lampirkan karena jelek hasilnya. Oke selanjutnya karena ini motor sudah mengalami pembengkakan isi silinder maka ane lakukan porting polish untuk meningkatkan efisiensi volumetrik dan turbulensi udara menuju ruang bakar. cukup papas kulit jeruk dan menghaluskannya menggunakan tunner.
Head silinder yang sudah mengalami kerusakan berupa baret cukup di haluskan menggunakan polish metal biar mulus kaya pupu nya zaskia gotik. Klep baru jangan lupa untuk di skur samapai benar benar rapat. biar kompresinya padet borrr...
Pasang semua berkebalikan seperti saat membongkar dan langsung test drive, oli yang ane gunakan shell ax7 biar mantap!! Hasilnya jauh di atas motor standar... namun sayang sekali karena keterbatasan alat maka ane ga bisa melakukan dyno test untuk mengetahui hasilnya di atas kertas. Sekian dlu artikel kali ini semoga ente tertarik untuk membuat mesin jebol biar sekalian di bore up.! Salam komstir oblakkkk!!!!
0 Response to "Yamaha vixion jebol"
Posting Komentar